Kilas Balik Tahun 2019 : Ajang Persaingan Teknologi Dunia

Jum'at, 27 Desember 2019 19:45 Eris Kuswara TechNews

Kilas Balik Tahun 2019 : Ajang Persaingan Teknologi Dunia


Koropak.co.id - Tahun 2019 bisa dikatakan sebagai tahun yang penting bagi industri teknologi. Karena di tahun 2019, berbagai raksasa teknologi menghadirkan berbagai inovasi yang seolah tiada hentinya.

Namun sayangnya tidak sedikit pula yang harus terpaksa gulung tikar dikarenakan kalah dari persaingan teknologi yang semakin sengit. Berikut Koropak telah merangkum 3 peristiwa penting yang terjadi di dunia teknologi selama 2019.

 

1. BBM Gulung Tikar, Bos Facebook Indonesia Resign
Kabar yang mengejutkan datang dari aplikasi chat Blackberry Messenger (BBM) yang sangat populer ketika smartphone Blackberry tengah dalam puncak kejayaannya. Sempat tidak terdengar kabarnya selama beberapa tahun, dan diketahui sempat berusaha bangkit pada 2016 dengan melakukan sejumlah perombakan, sayangnya BBM tidak mampu bertahan lama. Sehingga melalui laman resminya, BBM berhenti total terhitung mulai 31 Mei 2019.

Kabar lainnya datang dari Bos Facebook Indonesia, Sri Widowati yang secara resmi mengundurkan diri untuk mengembangkan karirnya di luar perusahaan. Pada awalnya, Wido ditunjuk menjadi pimpinan Facebook Indonesia menggantikan Ananda Tilak. Namun sebelum di Facebook, Wido sudah terlebih dahulu berkarier di bidang pemasaran dan pernah menjabat di berbagai posisi di Garnier dan Unilever.

 

Koropak.co.id - Kilas Balik Tahun 2019  Ajang Persaingan Teknologi Dunia (2)

 

2. Kehadiran aplikasi CCR untuk rekam panggilan WhatsApp
Demi kepuasan penggunanya yang tersebar di seluruh penjuru dunia, WhatsApp tidak hentinya meluncurkan berbagai fitur terbaru. Termasuk aplikasi pendukung perekam panggilan seperti Cube Call Recorder (CCR).

Untuk menggunakan aplikasi CCR pun cukup mudah. Pertama, download terlebih dahulu aplikasinya, kemudian install pada smartphone. Selanjutnya berikan semua izin yang diperlukan agar kamu bisa mulai mengoperasikan aplikasi tersebut.

 

Baca : Rekam Panggilan WhatsApp Dengan CCR

 

3. Facebook Dominasi Kepemilikan WhatsApp
Beberapa waktu lalu, Facebook secara resmi menegaskan kepemilikannya atas aplikasi berbagi pesan dengan jumlah pengguna terbanyak didunia yakni WhatsApp melalui logo baru di layar pembuka WhatsApp yakni "WhatsApp From Facebook". Selain itu, logo tersebut turut menunjukan bahwa Facebook kini sebagai pemilik WhatsApp.

Beberapa fitur terbaru juga turut bermunculan setelah diumumkannya kepemilikannya tersebut mulai dari wacana perilisan mode gelap WhatsApp yang telah dimunculkan dalam layar splash, widget, homescreen dan wallpaper yang tampil dalam versi gelap. Namun selain pada WhatsApp, ternyata logo From Facebook juga turut muncul di layar pembuka Instagram.*

 

Baca pula : Facebook Tegaskan Dominasi Atas Kepemilikan WhatsApp