Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Saat Smartphone Terendam Air

Minggu, 19 Januari 2020 19:59 Eris Kuswara TechTrik

Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Saat Smartphone Terendam Air


Koropak.co.id - Bencana banjir yang semakin meluas disejumlah daerah di Indonesia, ternyata turut membuat para pemilik gadget dan smartphone dilanda kecemasan. Hal yang membuat mereka cemas karena smartphone merupakan barang elektronik yang rentan mati apabila terkena air.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Minggu (19/1/2020), meskipun belakangan ini sejumlah perusahaan smartphone telah merilis produknya yang bisa tahan saat terendam air. Akan tetapi pada kenyataannya, belum semua orang dapat menggunakan produk smartphone tersebut dikarenakan banderol smartphone anti air yang cukup mahal.

Oleh karena itu, berikut Koropak memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan saat smartphone terendam atau tercebur air.

1. Segera keluarkan ponsel dari dalam air
Jika smartphone-mu terendam air, cepatlah angkat smartphone dari air agar mencegah air bisa merembes kedalam komponen ponsel yang lainnya. Karena semakin cepat kamu mengambilnya, maka akan semakin besar pula peluang untuk smartphone akan selamat.

 

2. Segera mematikan ponsel
Apabila smartphone-mu masih dalam keadaan menyala pada saat dikeluarkan dari air, langkah cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikannya secepat mungkin agar dapat mencegah korsleting arus pendek pada smartphone.

 

3. Melepaskan kartu SIM, baterai dan memory card
Jika smartphonemu bukan smartphone dengan baterai tanam, cepatlah untuk melepaskan baterainya. Dengan cara membuka cover penutup bagian belakang lalu kemudian lepaskan baterainya. Namun jangan lupa juga untuk mengeluarkan SIM dan memory card eksternalnya untuk mencegah timbulnya korosi pada bagian-bagian tertentu di dalam smartphonemu. 

 

Koropak.co.id - Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Saat Smartphone Terendam Air (1)

 

Baca : Inilah Cara Menghindari Virus Iklan Di Smartphone Android

 

4. Gunakanlah kain atau handuk untuk mengeringkan ponsel
Setelah semua komponen pada smartphone dilepaskan, maka kamu bisa mencoba mengeringkannya dengan menggunakan handuk atau kain. Diketahui, cara ini sendiri cukup penting untuk menyelamatkan komponen yang tidak dapat dilepas dari bagian smartphone.

 

5. Gunakanlah vacuum cleaner agar ponsel lebih cepat kering
Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner agar mempercepat proses pengeringan. Nyalakan dan arahkanlah vacuum cleaner ke bagian smartphone yang masih basah selama kurang lebih 20 menit agar bisa benar-benar kering.

 

6. Rendam ponsel pada bahan penyerap air
Jika sudah kering, maka langkah selanjutnya cobalah untuk merendam smartphone pada bahan penyerap air seperti beras yang dibiarkan semalaman agar pengeringannya sempurna. Akan tetapi, selain beras, terdapat bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mengeringkannya adalah bahan silica gel atau penyerap kelembapan lain.*

 

Baca pula : Tips Merawat Smartphone Ala Agung Cellular Tasikmalaya