Jangan Panik! MicroSD Rusak Masih Bisa Diselamatkan

Kamis, 30 Januari 2020 08:30 Eris Kuswara TechTrik

Jangan Panik! MicroSD Rusak Masih Bisa Diselamatkan


Koropak.co.id - MicroSD merupakan sebuah kartu memori eksternal yang sering digunakan banyak pengguna untuk menyimpan dokumen maupun data untuk mendukung kapasitas memori internal smartphone. Selain itu, microSD juga memiliki berbagai varian kapasitas mulai 8GB hingga 512GB.

Terlepas dari kegunaannya itu, terkadang microSD juga seringkali gagal dalam membaca dokumen yang akan disimpan dan menyebabkan data yang disimpan tersebut terkorupsi dan secara otomatis hilang. Sehingga hal itu juga turut menyebabkan microSD langsung rusak.

Bagi kamu yang mengalami kejadian itu, jangan panik dan jangan khawatir karena microSD yang rusak bukan berarti sudah tidak bisa digunakan lagi. Kepada Koropak, Rabu (29/1/2020) Frontliner Agung Cellular Tasikmalaya, Anis Nuranisa membagikan beberapa tips menyelamatkan microSD dari kerusakan.

"Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan lempengan tembaga pada microSD dengan penghapus pensil, cutton bad atau kain microfiber. Kedua, kamu harus memformat ulang smartphone-mu," kata Anis.

 

 

Koropak.co.id - Jangan Panik! MicroSD Rusak Masih Bisa Diselamatkan (2)

 

 

Baca : Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Saat Smartphone Terendam Air

Ditambahkan Anis, penghapusan data secara total atau format ulang dapat dilakukan melalui smartphone. Setelah terformat, terakhir diharapkan untuk mengeceknya dan melakukan format ulang pada komputer atau PC.

"Perlu diketahui, kasus kerusakan microSD ini sangatlah beragam. Terkadang microSD tidak bisa terbaca dari smartphone, namun dapat terbaca melalui komputer atau PC. Hal tersebut membuatmu memiliki 2 opsi yang bisa dilakukan di PC yakni mengecek kerusakannya dan melakukan proses format data," ucapnya.*

 

Baca pula : Tips Merawat Smartphone Ala Agung Cellular Tasikmalaya