Tips Aman Tanpa Penyusup Saat Meeting Online Dengan Aplikasi Zoom

Sabtu, 29 Agustus 2020 12:24 Eris Kuswara TechTrik

Tips Aman Tanpa Penyusup Saat Meeting Online Dengan Aplikasi Zoom

 

 

Koropak.co.id - Pada masa pandemi Covid-19 membuat berbagai aktivitas dibatasi mulai dari pedagang, pekerja kantoran, hingga sekolah pun harus membatasi aktivitasnya dan tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Meskipun semua aktivitas dibatasi, namun tidak ada alasan untuk tidak bekerja dan tidak menuntut ilmu.

saat ini aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi penolong di tengah pandemi Covid-19. Namun sayangnya keamanan Zoom saat itu sempat di pertanyakan, akan tetapi meskipun begitu aplikasi video chat tersebut telah menyertakan beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengamankan pertemuan.

 

Baca : Mengenal Aplikasi Sestyc Media Sosial Karya Anak Bangsa

 

Menanggapi hal tersebut, Zoom pun memberlakukan langkah-langkah keamanan tambahan. Salah satunya dengan cara mengaktifkan ruang tunggu virtual (Virtual Waiting Rooms) dan sandi, untuk akun dalam versi gratis ataupun berbayar. Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Sabtu (29/8/2020) beberapa cara agar pertemuan di Zoom terjamin keamanannya.


1.Gunakan ID dan kata sandi yang unik
Saat ini Zoom secara otomatis dapat menambahkan kata sandi ke akun, dan kata sandinya pun dapat disematkan dan ditautkan pada ruang personal seseorang. Contohnya, jika penguna membuka profil Zoom dan mencari tautan "instant meeting" maka penguna bisa melihat ID rapat pribadi penguna dan kata sandi rapat tersebut.

 

Baca : DKM dan DMI Se-Priangan Timur Sambut Baik Aplikasi QRIS

 

2.Gunakan ruang tunggu virtual atau Virtual Meeting Room
Ruang tunggu virtual pada aplikasi Zoom ternyata dapat memeriksa semua orang sebelum mereka benar-benar mendapatkan akses ke pertemuan. Sehingga, setelah itu barulah pengguna dapat mengizinkan orang tersebut bergabung dengan pertemuan atau tidak. Selain itu juga saat peserta mengklik tautan undangan pertemuan Zoom, maka mereka akan diminta untuk menunggu.

 

Baca : Di Tengah Pandemi Corona Huawei Rilis Aplikasi Video Call Meetime

 

3.Mengunci rapat pertemuan
Ada keamanan lainnya yang dapat digunakan pengguna Zoom untuk melindungi diri dari peserta lainnya. jika penguna tau persis siapa saja yang akan masuk dalam pertemuan dan semua orang yang di undang telah bergabung, maka penguna dapat mengunci rapat atau pertemuan dengan mengklik tautan security di bagian bawah layar dan memilih opsi lock meeting.* (Khairunisa)

 

Baca : Jual Jasa Ngehack Akun Sosmed di Situs Online, Seorang Pemuda Dicokok Polisi