Indikos, Aplikasi Pencari Info Kos-kosan Untuk Anak Rantau

Selasa, 15 September 2020 09:08 Eri S Wardhana TechNews

Indikos, Aplikasi Pencari Info Kos-kosan Untuk Anak Rantau

 

Koropak.co.id - Sejumlah mahasiswa Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, saat ini tengah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis daring yang dikhususkan bagi para perantau.

Indikos, begitu nama aplikasinya. Aplikasi itu berisi informasi tempat indekos yang ada di berbagai daerah. Mulai dari Tasikmalaya, Bandung, Tangerang, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, sampai Bali.

Hani Hanifaf, salah seorang Chief Marketing Officer Indikos, menyebutkan, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan para perantau dalam mencari kos-kosan ketika mereka sedang merantau di suatu daerah.

"Semuanya berawal dari keresahan salah seorang mahasiswa karena kesusahan mendapatkan informasi kosan, bahkan tak jarang mahasiswa dijadikan target penipuan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab dalam mencari kosan. Untuk itu, sejak bulan April 2018 lalu kami sengaja mengembangkan aplikasi ini bersama 6 orang rekan kami lainya," tegasnya kepada Koropak, Senin, (14/09/20).

Wanita yang akrab disapa Hani itu menambahkan, Indikos tak hanya sekedar memberikan informasi tempat kosan saja, tetapi juga bisa dipakai untuk booking dan transaksi secara langsung melalui aplikasi.

Menurutnya, saat ini sudah tersedia 700 kosan dan lebih dari 2000 kamar dalam aplikasi tersebut. Semuanya tersebar di daerah-daerah yang telah disebutkan.

"Insyallah, berbagai layanan ke depannya akan terus dikembangkan. Kita akan melengkapi fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan perantau. Misalnya, Indipick untuk pemenuhan pick up, Indineeds untuk kebutuhan barang kosan, indilaundry, indipulsa, Indievent, dan Indinews," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Indikos, Aplikasi Pencari Info Kos-kosan Untuk Anak Rantau

 

Baca : Menata Kamar Kos Lebih Nyaman

 

Ditanya soal sistem kemitraan dengan para pemilik kosan, Hani menyebut sistemnya persentase. Dimana jika ada perantau yang memesan kosan lewat aplikasi, pihak aplikasi akan mendapat fee sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.

"Tapi untuk sekarang masih kami gratiskan sampai mencapai target seribu kosan," katanya.

Menurutnya, bagi para pemilik kosan yang tertarik bergabung sebagai mitra Indikos, cukup menghubungi pihak admin dan menyerahkan database yang diperlukan.

"Saat ini kita tengah menambah mitra kosan sebanyak-banyaknya. Disisi lain, kita juga terus berusaha untuk mendapatkan investor agar pengembangan bisa lebih baik lagi. Target jangka panjangnya sih kita ingin Indikos ini menjadi platform pemenuhan kebutuhan anak rantau nomor 1 di Indonesia," tuturnya.*

 

Baca : Dengan Aplikasi Ini, Cari Kos Idaman Semakin Gampang