Oppo Resmi Luncurkan Oppo Reno 4F, Ini Perbedaan Dengan Oppo 4

Kamis, 15 Oktober 2020 08:44 Eris Kuswara Smartphone

Oppo Resmi Luncurkan Oppo Reno 4F, Ini Perbedaan Dengan Oppo 4

 

Koropak.co.id - Oppo secara resmi meluncurkan ponsel terbarunya yaitu Reno 4F di Indonesia, Senin (12/10/2020) malam. Jika dilihat dari segi tampilan, diketahui Oppo Reno 4F ini memang terlihat tidak jauh berbeda dengan seri pendahulunya yakni Oppo Reno 4 yang dirilis pada bulan Juli 2020 lalu. Namun ketika melihat ke bagian belakangnya, perbedaan besar pun akan jelas terlihat yang terletak pada kameranya.

Berbeda dengan Reno 4 yang hanya memiliki tiga lensa kamera yakni wide 48 MP, utrawide 8 MP dan makro 2 MP, kamera belakang Reno 4F ini diperkuat dengan satu lensa tambahan yakni Depth 2 MP. Selain itu, tidak dipasang berjejer seperti Oppo Reno 4, Reno 4F menyusun lensa kamera belakangnya membentuk bujur sangkar layaknya desain iPhone 12.

Sementara itu, untuk sistem operasinya sendiri, Oppo Reno 4F masih menggunakan Android 10 dan merupakan sistem yang serupa dengan Oppo Reno 4 sebelumnya. Selain itu, dengan harga sekitar Rp 4,3 juta, Reno 4F hanya berselisih tipis Rp 300.000 saja dengan Reno 4 yang masih dibanderol dengan harga berkisaran Rp 4 juta.

Dengan perbedaan yang sangat tipis itu, tentunya banyak yang menanyakan mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua smartphone tersebut. Berikut Koropak telah merangkum beberapa perbandingan yang ada pada Oppo Reno 4 dan Reno 4F.

1. Reno 4 lebih selfie
Mengenai masalah kamera belakang, Reno 4F boleh dikatakan sangat unggul, namun untuk masalaha selfie Oppo Reno 4 tetap lebih unggul. Karena, dengan kamera depan dua lensa 32MP dan 2MP, Reno 4 tentunya mumpuni bagi mereka yang gemar berswafoto dibandingkan Reno 4F yang hanya memiliki satu lensa 8 MP di kamera depannya.

2. Baterai Reno 4 lebih besar
Dari segi baterai, memang tidak berbeda jauh. Akan tetapi Oppo Reno 4F hanya di berikan kapasitas baterai berkekuatan 4000 mAh. Sedangkan untuk Oppo Reno 4 seperti yang kita ketahui diberikan kapasitas baterai dengan kekuatan 4020 mAh.

3. Reno 4F menggunkan charger type-c
Diketahui, Oppo Reno 4F sudah menggunakan konektor USB tipe C. Sedangkan untuk Oppo Reno 4 masih menggunakan kabel mikro USB untuk pengisi dayanya.

4. Reno 4F masih gunakan jaringan 4G
jika pendahulunya yakni Oppo Reno 4 sudah dirancang untuk bisa mendukung jaringan 5G, namun sayangnya Reno 4F ini baru sebatas bisa digunakan untuk jaringan 4G.

5. Reno 4F menggunakan layar amoled
Dibalik kekurangannya, Reno 4F ini ternyata memiliki kelebihan lain yakni telah menggunakan layar Super AMOLED dan berbeda dengan Reno 4 yang masih menggunakan layar OLED.* (Resna)