Xiaomi Mi 11 Dijual Tanpa Charger, Jaga Lingkungan atau Ikuti Tren Apple?

Minggu, 27 Desember 2020 21:13 Eris Kuswara Smartphone

Xiaomi Mi 11 Dijual Tanpa Charger, Jaga Lingkungan atau Ikuti Tren Apple?

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, Xiaomi mengkonfirmasi bahwa smartphone terbarunya yakni Xiaomi Mi 11 dipastikan akan dijual tanpa charger. Hal ini dikonfirmasi langsung, CEO Xiaomi, Lei Jun dalam postingannya di media sosial China Weibo.

Dalam postingannya itu, Jun mengatakan mengenai alasan dihilangkannya charger dari kotak kemasan Mi 11 adalah untuk menjaga lingkungan. Bahkan dia juga mengatakan bahwa saat ini semua orang memiliki banyak charger yang tidak digunakan dan hal itu menjadi beban bagi lingkungan.

"Kami sangat mengerti keputusan ini mungkin tidak akan dipahami atau bahkan dikeluhkan. Apakah ada solusi yang lebih baik antara praktek industri dan perlindungan alam? Senin depan, kita akan bicara di konferensi pers Xiaomi Mi 11," kata Jun dalam postingannya sebagaimana dihimpun Koropak, Minggu (27/12/2020).

 

Baca : Resmi Diluncurkan Xiaomi Redmi 9, Menyusul Lusa Vivo X50, Ini Spesifikasinya

 

Tidak hanya itu saja, Jun juga turut menambahkan bahwa desain kotak kemasan Mi 11 jauh lebih tipis dibandingkan dengan ponsel lainnya yang dijual bersama charger. Di bagian atas kotak tersebut juga tertulis beberapa fitur unggulan dari Mi 11 seperti kamera 108 MP, layar Super AMOLED, sertifikasi HDR 10+, dan audio dari Harman Kardon.

Dalam kesempatan itu, Jun juga turut mengunggah video kotak kemasan Mi 11 dengan teks bahasa China yang jika diterjemahkan berarti,"Berkemasan dengan ringan di tahun 2021". Hal itu menjadi sebuah indikasi bahwa ponsel Xiaomi di masa depan lainnya juga sepertinya akan dikapalkan tanpa charger.

Keputusan Xiaomi ini dianggap seperti menelan ludahnya sendiri setelah sebelumnya mereka mengejek Apple yang meluncurkan iPhone 12 tanpa charger. Karena tidak lama setelah iPhone 12 meluncur, vendor asal China tersebut mengunggah cuitan di Twitter yang mengatakan bahwa mereka tidak "meninggalkan apa pun di luar kotak" Mi 10T Pro.

 

Baca : Indonesia Terapkan Jaringan 5G Tahun 2021, Apa Saja Keunggulannya Dibandingkan 4G

 

Selain itu, sepertinya menjual ponsel tanpa charger untuk alasan lingkungan akan menjadi tren di masa depan. Terlebih lagi saat ini berbagai vendor terus menaikkan harga ponsel. Sehingga mereka pun harus mencari cara untuk menjaga harga tidak terlalu melonjak.

Selain Xiaomi, ternyata Samsung juga sepertinya akan mengikuti langkah Apple dan akan menjual Galaxy S21 tanpa charger di dalam kotak kemasannya. Bahkan mereka juga telah menghapus postingan di media sosial yang isinya mengejek Apple.*

 

Baca : Xiaomi Siap Luncurkan Smartphone Terbarunya Di Akhir Desember