Selama 17 Tahun, Facebook Berhasil Jadi Raksasa Media Sosial

Minggu, 07 Februari 2021 11:52 Eris Kuswara TechNews

Selama 17 Tahun, Facebook Berhasil Jadi Raksasa Media Sosial

 

Koropak.co.id - Tepat pada 4 Februari 2004 atau 17 tahun lalu, di kamar asramanya di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook. Kini, Facebook bersama layanan lainnya terutama Instagram dan WhatsApp telah menjadi kerajaan besar yang dikendalikan oleh Mark.

Diketahui, ternyata sebenarnya Facebook tidak hanya didirikan oleh Mark saja. Namun dia juga turut bekerasama bersama para rekannya yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Namun, semua pendiri yang lain semuanya sudah resign dari Facebook dan kini hanya meninggalkan Mark Zuckerberg saja yang seorang diri memimpin Facebook.

"17 tahun yang lalu, saya mahasiswa pertama yang mendaftar Facebook dan mulai terkoneksi dengan teman-teman. Tentunya sejak saat itulah, ini merupakan perjalanan yang liar dan saya ingin berterima kasih pada kalian semua yang telah menjadi bagian dari komunitas ini," kata Mark sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (6/2/2021).

Saat ini, Mark merasa bangga dengan apa yang dicapainya bersama-sama dalam 17 tahun terakhir. Namun, dia merasa lebih optimistis lagi untuk tahun-tahun selanjutnya. Facebook sendiri pada awalnya ditujukan untuk menjadi media sosial para mahasiswa.

 

Baca : Kini, Beranda Facebook Dibanjiri Avatar, Begini Cara Membuatnya

 

Akan tetapi, tidak disangka ternyata jejaring sosial ini kemudian berhasil menjadi raksasa hingga saat ini dan belum ada yang mampu mengalahkannya. Bahkan media sosial yang terlebih dahulu berjaya seperti Friendster dan MySpace pun turut dilibas Facebook

Sehingga sudah sangat jelas bahwa Mark begitu optimistis dikarenakan hingga saat ini belum ada tanda-tanda popularitas Facebook dan anak perusahaannya yang lain menurun, meskipun dilanda beberapa kontroversi. Tercatat, pada kuartal 4 tahun 2020, jumlah pengguna Facebook tembus di angka 2,8 miliar.

Sementara itu, untuk WhatsApp, penggunanya juga ada di kisaran 2 miliar. Kemudian Facebook Messenger, untuk pemakainya tembus di angka 1,3 miliar. Sedangkan untuk Instagram digandrungi oleh 1 miliar penggunanya.

Selain itu, Mark Zuckerberg pun diprediksi masih akan bertahan lama dalam mengendalikan kerajaan media sosial itu, karena mengingat juga saat ini usianya baru menginjak 36 tahun. Berkat kesuksesannya di Facebook, Mark oun konsisten berada pada daftar atas orang terkaya di dunia dengan estimasi hartanya saat ini yang berada di kisaran 97 miliar US Dollar.*

 

Baca pula : Facebook Tegaskan Dominasi Atas Kepemilikan WhatsApp