Rayakan 10 Tahun Kelahiran Chromebook, Google Hadirkan Fitur Terbaru

Kamis, 11 Maret 2021 07:42 Rizky Komputer

Rayakan 10 Tahun Kelahiran Chromebook, Google Hadirkan Fitur Terbaru

 

Koropak.co.id - Bertepatan dengan 10 tahunnya kelahiran Chromebook, Google memberikan sejumlah fitur terbaru untuk Chrome OS. Diketahui, salah satu fitur yang diberikan tersebut adalah Phone Hub yang berfungsi bisa menghubungkan ponsel Android ke Chromebook. Selain itu, melalui fitur ini juga pengguna Chrome OS bisa membalas SMS, mengecek sisa baterai ponsel, menyalakan hotspot WiFi di ponsel dan mencari lokasi ponselnya.

Sementara itu, fitur Phone Hub juga turut hadir dalam bentuk widget di taskbar yang juga menunjukkan sejumlah tab di Chrome yang sedang dibuka pada ponsel. Tampaknya kehadiran fitur ini menjadi sesuatu hal yang berguna bagi para pengguna Chrome OS dan ponsel Android. Hal itu dikarenakan, dalam fitur ini juga tersimpan Wi-Fi Sync yang berfungsi untuk mensinkronisasi jaringan WiFi yang pernah dipakai pada ponsel dan perangkat Chrome OS lainnya.

 

Baca : Asus Boyong Tiga Laptop ZenBook Terbarunya ke Indonesia

Selanjutnya juga terdapat fitur Nearby Share yang berfungsi untuk mengirimkan file antar perangkat, yaitu antara perangkat Android dan Chrome OS, ataupun juga ke perangkat Android lainnya. Selain itu, fitur Screen Capture pun kini turut dibenamkan ke Quick Setting yang dimana pengguna nantinya akn bisa merekam aktivitas yang ada pada layar, atau hanya sekadar mengambil tangkapan layar atau screenshot.

Kemudian hasilnya pun bisa diakses di "Tote" yang ada dalam Chrome OS Shelf. Pengguna juga ternyata bisa meng-copy sampai dengan lima teks di Clipboard sebelum mem-pastekannya di tempat lain tanpa perlu berpindah jendela.

Ada juga fitur Quick Answers yang menampilkan informasi seperti definisi, terjemahan ataupun konversi unit saat penggunanya melakukan klik kanan di sebuah kata. Kehadiran fitur-fitur baru ini tentunya akan membuat Chrome OS semakin mendekati Windows dan macOS dikarenakan fitur-fitur tersebut sebelumnya sudah ada di dua sistem operasi tersebut.*

 

Baca pula : Intego Diklaim Jadi Antivirus Terbaik untuk Mac