Smadav, Perangkat Lunak Antivirus Karya Anak Negeri

Jum'at, 19 Maret 2021 10:30 Rizky Komputer

Smadav, Perangkat Lunak Antivirus Karya Anak Negeri


Koropak.co.id - Berbicara mengenai antivirus lokal, Smadav merupakan perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki dua versi yakni versi gratis atau Smadav Free dan berbayar atau Smadav Pro.

Diketahui, Smadav Pro sendiri memiliki berbagai fitur unggulan seperti menghilangkan pesan awal, fitur tools di aplikasi, setting tambahan (RTP) di aplikasi, daftar pengecualian, mengubah ukuran atau warna tampilan, password admin, dan izin penggunaan di Lembaga atau Organisasi atau Perusahaan.

Sementara itu, Smadav Pro dan Smadav Free memiliki kemampuan deteksi yang sama. Sehingga, jika virus yang menginfeksi komputer penggunanya tidak mampu dibersihkan oleh Smadav Free, berarti tidak akan mampu juga dibersihkan oleh Smadav Pro.

Smadav juga diketahui hanya berfungsi untuk proteksi USB Flashdisk dan proteksi tambahan atau proteksi lapisan kedua. Sehingga, Smadav tidak akan berfungsi sebagai proteksi lengkap atau proteksi utama.

 

Baca : Intego Diklaim Jadi Antivirus Terbaik untuk Mac

Smadav juga tidak memiliki fitur proteksi internet, dengan demikian penggunanya masih memerlukan antivirus utama yang menawarkan proteksi lengkap atau proteksi utama untuk komputernya. Smadav sendiri sangat mungkin untuk di-install sebagai proteksi lapisan kedua dan antivirus lainnya sebagai proteksi utama.

Berbicara mengenai sejarahnya, Smadav dibuat oleh seorang pria yang saat ini masih merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah bernama Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 berkat perkenalannya dengan Visual Basic di laboratorium komputer sekolahnya. Pengembangan Smadav sendiri sempat tertunda hingga tahun 2008 saat dirinya mulai kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dalam perkembangannya, diketahui Smadav dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring. Nama Smadav diambil dari singkatan nama sekolah pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus. Adapun untuk logo Smadav merupakan simbol objek mustahil segitiga Penrose berwarna hijau yang melambangkan kesederhanaan dan kedamaian.

Akan tetapi, mulai dari versi 11.8, Smadav mengubah lisensi antivirus berbayarnya menjadi per-tahun berdasarkan catatan apa yang diubah di versi tersebut dari sebelumnya yang seumur hidup.*

 

Baca pula : Bitdefender Total Security, Jadi Suite Keamanan Internet Paling Komprehensif