Di Cina, Ada Aturan Pembatasan Waktu Bermain Game Online

Minggu, 12 September 2021 13:50 Rizky Gaming

Di Cina, Ada Aturan Pembatasan Waktu Bermain Game Online

 

Koropak.co.id - Pemerintah China kini menerapkan peraturan baru, terkait batasan waktu bermain Game Online bagi anak-anak dan remaja.

Kini, anak dibawah 18 tahun hanya diperbolehkan bermain game selama 1 jam, itupun hanya pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan pada saat hari libur Nasional. Hal ini dilakukan untuk melindungi fisik serta mental anak- anak.

Kecanduan game atau gangguan akibat terlalu banyak bermain game, sudah menjadi permasalahan di China selama bertahun-tahun. Pada tahun 2018, lebih dari 30% anak di China mengalami gangguan akibat bermain game. Bahkan media yang dikelola pemerintah China pun sampai menyebut bahwa Game Online "Spiritual Opium".

 

Baca : PUBG Mobile Jadi Salah Satu Game Ekshibisi Esport Pon XX Papua 2021

Bukan hanya itu, seluruh perusahaan game dilarang untuk melayani pengguna yang tidak memiliki Kartu Identitas asli. Pemerintah China juga mewajibkan untuk menghubungkan semua game online ke sistem "anti-kecanduan" negara.

Hal ini dilakukan karena masih banyaknya anak dibawah umur yang bermain game dengan menggunakan Kartu identitas palsu, dan untuk menghindari seringnya mereka bermain game sehingga tidak terjadi kecanduan berlebih.

Aturan baru ini tentunya berdampak besar bagi perusahaan Game Online di China, harga saham langsung jatuh seminggu setelah aturan diumumkan. Namun, perusahaan Game Online harus tetap mematuhi aturan pemerintah untuk tidak melayani anak dibawah umur atau membatasi waktu mereka bermain.

Kini beberapa perusahan game besar di China tengah mematuhi aturan pemerintah. Dengan meluncurkan Teknologi pengenalan wajah dan Algoritme, kini perusahaan dapat mengidentifikasi pemain dibawah umur berdasarkan waktu seberapa lama mereka bermain dan dapat memantau bagaimana perilaku mereka saat bermain.

Meski banyak juga yang tidak menyetujuinya, pemerintah China tetap menerapkan peraturan tersebut mulai dari minggu ini.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini