YouTube Umumkan Mulai Sembunyikan Jumlah Dislike di Semua Video

Kamis, 11 November 2021 11:11 Eris Kuswara TechNews

YouTube Umumkan Mulai Sembunyikan Jumlah Dislike di Semua Video

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, YouTube secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya akan menyembunyikan jumlah dislike dari semua video yang ada di situsnya yang dimulai pada Rabu 10 November 2021.

Selain itu, sebelumnya pihak YouTube sendiri juga telah mengisyaratkan perubahan tersebut di bulan Maret 2021 lalu.

Melalui blog resminya, YouTube mengatakan bahwa perubahan itu dilakukan untuk melindungi para kreator kecil agar tidak menjadi target mass-dislike ataupun usikan dari pengguna lainnya.

Sehingga dengan adanya kebijakan ini, nantinya pengguna YouTube yang menonton video dari semua channel, hanya akan bisa melihat jumlah likes di video itu. Dimana tombol dislike di video dari semua channel di YouTube tidak akan menampilkan angka lagi sama sekali.

Meskipun begitu, bukan berarti YouTube benar-benar menghilangkan jumlah dislike dari platform berbagi videonya. Karena, diketahui juga bahwa jumlah dislike itu sendiri masih bisa dilihat oleh pengunggah videonya.

Baca : Ini Filosofi Logo Meta, Pengganti Facebook Miliknya Mark Zuckerberg

"Tombol dislike masih ada dan tak ada rencana untuk menghilangkannya, akan tetapi angka dislike dari video itu tak akan terlihat lagi secara publik di halaman video, baik untuk konten video dan live stream," tulis YouTube di channel resminya sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis 11 November 2021.

Namun sayangnya banyak pengguna yang merasa dengan disembunyikannya jumlah dislike dari video YouTube ini, akan membuat mereka menjadi kesulitan saat mencari video yang berisikan informasi valid atau tidak. Pasalnya, diketahui selama ini angka dislike tersebut menjadi acuan untuk kualitas sebuah video yang diunggah ke YouTube.

Tidak hanya YouTube, kini juga terdapat beberapa platform media sosial lain yang menerapkan hal yang cukup serupa seperti Instagram dan Facebook yang memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan jumlah likes.

Akan tetapi itu menjadi fitur opsional saja. Bagaimana menurut kalian tentang perubahan terbaru di YouTube ini?*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini