Ini Rekor Lelang Kamera Termahal di Dunia

Selasa, 13 Maret 2018 11:10 Eris Kuswara audio-video

Ini Rekor Lelang Kamera Termahal di Dunia

Kamera Antik Leica 0 Terjual Rp 39 Milyar

Koropak.co.id - Pada Selasa (13/3/2018) Dalam lelang sebuah kamera antik yang dirilis pertama kalinya pada 1923 lalu dan diperkirakan sudah berusia 95 tahun tersebut mampu terjual dengan harga yang fantastis. Dalam sebuah lelang yang diselenggarakan di Wina Austria tersebut, kamera yang juga merupakan seri Leica 0 itu mampu terjual dengan harga 2,4 juta Euro atau sekitar 2.9 juta US Dollar dan jika dirupiahkan harga kamera antik tersebut sekitar Rp 39 milyar.

Dikutip dari detik.com, lelang yang diselenggarakan oleh Westlicht tersebut memiliki harga penawaran awalnya senilai 400 ribu Euro atau sekitar 492 ribu US Dollar, lalu kemudian harganya tersebut naik seiring dengan enam kali penawaran hingga mencapai harga akhirnya dan terjual senilai 2,4 juta Euro.

Ini Rekor Lelang Kamera Termahal di DuniaSehingga dengan harga tersebut juga merupakan harga tertinggi yang ditaksir untuk sebuah kamera Leica dan berhasil memecahkan harga seri 0 lainnya pada lelang yang dilaksanakan 2012 lalu dengan harga yang dihasilkan senilai 2,79 juta US Dollar.

Selain itu, untuk seri Leica 0 yang pernah terjual dalam lelang sebelumnya memiliki harga senilai 435 ribu US Dollar pada 2007 lalu, 1,89 juta US Dollar pada 2011 lalu, serta 2,79 juta US Dollar pada 2012 lalu.

Dibalik harga kamera tersebut yang selangit, kamera seri Leica 0 ini juga ternyata diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Perlu diketahui di dunia, kamera tersebut hanya tersedia sebanyak 25 unit dan yang diketahui hingga kini hanya tersedia 12 unit lagi. Ditambah lagi dari 12 unit yang tersisa tersebut hanya terdapat tiga unit yang masih seperti aslinya.

"Hal tersebut merupakan harga tertinggi yang pernah terjual pada sebuah lelang kamera," ungkap pihak Westlicht.

Menurut keterangan Westlicht, Leica seri 0 itu juga kini dimiliki oleh seseorang yang berasal dari Asia. Namun sayangnya mereka tidak menyebutkan identitas pemilik dari kamera antik tersebut.*