Kerusakan PC Karena Mati Listrik

Sabtu, 09 Desember 2017 06:31 Eris Kuswara Komputer

Kerusakan PC Karena Mati Listrik

Loncatan Power Listrik Rusak Jalur Komponen

koropak.co.id - Meski sudah era teknologi canggih, tidak bisa dipungkiri masalah mati listrik atau mati lampu hingga saat ini masih kerap terjadi. Permasalahan mati listrik ini, tentunya mengakibatkan PC kita mati mendadak apabila tidak memakai yang namanya UPS. Dan yang paling parah, ternyata kerusakan PC karena mati listrik juga bisa terjadi.

Sebetulnya kerusakan PC karena mati listrik atau mati lampu, tepatnya adalah karena PC kita mati mendadak. Apabila kita sudah memakai yang namanya UPS, tentu masalah ini akan teratasi. Namun apabila kita tidak memakai UPS, yang terjadi kira-kira seperti berikut.

Kerusakan PC Karena Mati Listrik1. Kerusakan Hard Disk
Kerusakan PC karena mati listrik terlalu sering, umumnya dimulai dengan kerusakan pada hard disk. Karena di dalam hard disk terdapat platter yang berputar pada kecepatan tinggi. Sehingga pada saat berhenti mendadak, berpotensi untuk tergores. Goresan pada platter hard disk tersebut, nantinya akan menyebabkan yang namanya bad sector. Dan kalau mati mendadak ini terus berlangsung, sudah pasti akan membuat hard disk memiliki umur yang pendek.

2. Kerusakan Power Supply Unit
Bagian yang selanjutnya rusak setelah hard disk, biasanya adalah power supply unit. Power supply unit merupakan bagian yang langsung terhubung dengan sumber listrik. Karena alasan ini, membuat bagian ini biasanya rusak duluan. Alasannya adalah karena mati listik, membuat loncatan listrik (power surge) yang cukup tinggi. tidak hanya itu saja, biasanya juga kondisi listrik yang menjadi tidak stabil. Karena dua hal tersebut, membuat komponen-komponen di dalam power supply unit tidak bisa bekerja dengan baik.

3. Kerusakan Pada Motherboard Hingga Komponen Lain
Karena power supply unit yang mulai bermasalah, sudah pasti imbasnya ke motherboard dan ke semua komponen sisanya. Pasti Anda pernah dengar istilah PSU abal-abal di dunia PC, yang bisa merusak seluruh komponen PC. Konsep kerusakannya sebetulnya mirip. PSU yang tidak bisa bekerja baik karena arus listrik yang bermasalah, akhirnya menjalar ke semua komponen yang lain. Kondisi terburuk, motherboard, prosesor, dan VGA bisa langsung rusak bersamaan.

Jadi seperti itu kerusakan PC karena mati listrik. Kalau memang di rumah Anda sering mati listrik, Jaka sarankan untuk segera memakai yang namanya UPS.*