Tips Membersihkan Laptop dengan Benar

Selasa, 03 Juli 2018 10:27 Eris Kuswara TechTrik

Tips Membersihkan Laptop dengan Benar

Koropak.co.id - Berbicara mengenai laptop, perangkat komputer ini menjadi salah satu perangkat yang lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat baik di tanah air hingga seluruh dunia. Ditambah lagi laptop ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, belajar hingga bermain games.

Oleh karena itu, dengan pemakaian yang rutin tersebut, seringkali membuat penggunanya lupa dalam membersihkannya maka laptop pun akan tampak kotor dan berdebu.

Sehingga penting sekali bagi kita untuk menjaga laptop agar tetap bersih dan nyaman untuk dipakai. Ditambah lagi dengan melakukan perawatan rutin juga akan membuat laptop menjadi lebih awet. Berikut merupakan beberapa langkah yang harus dipersiapkan untuk membersihkan laptop dengan benar yang telah Koropak siapkan.

Baca pula :
- Promo Seru Laptop HP dan Lenovo
- Laptop Asus E402WA Dirilis

1. Mempersiapkan pembersih
Menurut ahli kebersihan Jolie Kerr menyebutkan, terdapat empat hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga laptop tersebut tetap bersih yakni alkohol, kain microfiber, kapas, dan alat peniup debu.

Selain itu, alkohol dengan 90 persen isopropyl ini juga tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen internal laptop. Namun jika pengguna laptop ini memiliki kotoran yang susah sekali untuk dihilangkan pada laptopnya, maka gunakanlah spons melamin.

Akan tetapi Anda juga harus tetap berhati-hati dalam penggunaannya dikarenakan sifat dari spons melamin ini yang kasar.

2. Bersihkan dari dalam
Selain itu membersihkan kotoran yang terdapat pada keyboard laptop mungkin terlihat menarik. Akan tetapi alangkah baiknya untuk Anda membersihkanterlebih dahulu bagian dalam dari laptop itu sendiri.

Dengan menggunakan alat peniup debu, maka akan membuat kotoran berterbangan. Oleh karena itu akan menjadi percuma jika membersihkan layar laptop terlebih dahulu.

Dengan demikian, mulailah terlebih dahulu dengan membersihkan atau meniupkan debu-debu yang ada di sela-sela perangkat laptop dengan menggunakan udara yang dikompresi.

Baca pula :
- Dell Rilis Kembali Laptop Andalannya
- Acer Luncurkan Laptop Bertenaga Ryzen

3. Membersihkan bagian luar laptop
Gunakanlah kain microfiber, kemudian tuangkan alkohol di kain microfiber. Setelah itu peras agar cairan alkohol tersebut tidak menetes. Maka langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan permukaan laptop tersebut. Ditambah lagi kapas pembersih dan alkohol juga ternyata dapat digunakan untuk membersihkan keyboard serta ruang kecil antar keyboard laptop.

Apabila terdapat noda yang susah untuk dihilangkan, maka langkah yang harus diambil adalah dengan mengosokkan spons melamin secara perlahan namun tetap hati-hati untuk mencegah kerusakan pada penampilan laptop.
Perawatan juga akan sedikit berbeda disaat Anda membersihkan layar laptop, karena pengguna harus dapat membersihkan bekas sidik jari yang menempel pada layar laptop dengan menggunakan kain microfiber yang kering.

Baca pula : LG Resmi Rilis Laptop Super Ringan

Akan tetapi, jika memang noda yang menempel tersebut membutuhkan usaha ekstra dalam membersihkannya. Maka langkah yang harus Anda ambil adalah dengan menuangkan sedikit air pada kain. Namun hindari juga penggunaan sabun pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia dan bersifat keras seperti ammonia atau alkalin untuk membersihkan layar laptop.*