Cara Isi Ulang Daya Baterai dengan Benar

Jum'at, 13 Juli 2018 08:05 Eris Kuswara TechTrik

Cara Isi Ulang Daya Baterai dengan Benar

 

Koropak.co.id - Berbicara mengenai baterai smartphone, memang tidak dapat dihindari apabila suatu saat nanti baterai dari smartphone tersebut akan rusak dikarenakan dengan batas usia pemakaiannya. Namun perlu diketahui, penggunanya sendiri akan bisa merasakan baterai smartphone itu akan lebih cepat rusak atau bocor apabila tidak dirawat dengan benar.

Oleh karena itu, Koropak sarankan bagi Anda untuk pengguna smartphone, untuk bisa merawat baterai smartphone tersebut, salahsatunya dengan melakukan proses pengisian ulang baterai dengan benar.

Berikut Koropak akan memberikan cara mengisi daya baterai yang benar agar tidak merusak smartphone maupun baterai itu sendiri.

Baca pula : Trik Jitu Membersihkan Layar Ponsel

1. Tidak sambil memainkan smartphone saat proses pengisian ulang
Apabila Anda tertidur semalaman atau meninggalkan baterai untuk terus mengisi, hal tersebut tidak masalah dikarenakan baterai smartphone itu dan pengisi daya juga saat ini sudah cukup pintar dalam mengatur daya yang masuk pada perangkat agar tidak berlebihan. Selain itu juga, mengisi baterai ponsel semalaman itu lebih baik dibandingkan dengan mengisi daya sambil memainkan smrtphone.

2. Mengisi daya baterai saat ada kesempatan
Bagi sebagaian pengguna smartphone mengisi daya baterai kapapun mereka bisa hal itu dianggapnya tidak begitu praktis. Namun jika Anda mengetahui menurut Battery University, tidak menjadi masalah jika para pengguna dari smartphone untuk mencolok dan mencabut beberapa kali sehari saat mereka melakukan pengisian daya pada perangkat tersebut.

Baca pula :
- Cara Maksimalkan Fungsi Smartphone
- Ketahui Perusak Smartphone Sekejap

3. Mengupayakan agar baterai smartphone tetap dingin
Perlu diketahui hal yang menjadi berbahaya bukanlah seberapa lama pengguna smartphone ini dalam mengisi daya baterainya, akan tetapi adalah panas yang dirasakan oleh baterai smartphone itu sendiri. Hal itu dikarenakan baterai ponsel, khususnya smartphone ini sangat sensitif terhadap panas.

Bahkan pihak Apple juga menyarankan agar para penggunanya untuk melepaskan casing smartphone yang dapat mengisolasi panas saat mengisi daya baterai. Ditambah lagi alangkah baiknya pengguna bisa melindungi mereka di saat berada di bawah terik panas sinar matahari, karena hal ini bertujuan untuk memelihara kesehatan baterai smartphone.*