AMD Kembali Buat Kejutan Terbaru

Koropak.co.id, 24 July 2018 15:01:50
Penulis : Muhamad Eris
AMD Kembali Buat Kejutan Terbaru

 

Koropak.co.id - Akhir-akhir ini AMD memang tengah menunjukkan taringnya di hadapan Intel yang merupakan kompetitor utama di dalam dunia prosesor. Melalui produk-produknya yang dahsyat namun memiliki harga yang lebih terjangkau, beberapa waktu lalu AMD kembali lagi membuat kejutan dengan mengumumkan prosesor generasi kedua mereka.

Diketahui prosessor kedua itu dari Threadripper yang memiliki 32 core dan 64 thread yang dibuat dengan proses produksi 12nm, sehingga akan memberikan jumlah core dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan generasi pertamanya yang memiliki 16 core namun masih menggunakan arsitektur Zen+ yang sama.


Baca pula : Acer Luncurkan Laptop Bertenaga Ryzen

Prosesor terbarunya ini juga akan hadir ke dalam 2 varian CPU yaitu 24 core/28 thread serta 32 core/64 thread. Meskipun juga belum ada kejelasan berapa tepat clock dari prosesor ini, akan tetapi AMD Threadripper juga kemungkinan besar akan memiliki frekuensi dasar 3Ghz hingga 3.4 Ghz dalam mode boost atau turbo.

Belum ada kejelasan juga mengenai berapa harga dari AMD Threadripper 2, namun seharusnya juga harganya tersebut akan tetap lebih murah dibandingkan dengan prosesor sekelas dari sang pesaingnya. Perlu diketahui AMD Threadripper 1950X yang termahal hanya dibanderol dengan harga 1000 USD sedangkan untuk prosesor saingannya varian 18 core yaitu Core i9-7980XE memiliki harga 2000 USD.


Baca pula : Perkokoh Predikat Penguasa Pasar Teknologi

Sehingga dengan jumlah core sebanyak itu, membuat CPU dengan AMD Thread ripper 2 ini akan memerlukan daya 250 watt. Berarti, akan lebih besar daya yang dibutuhkan jika dibandingkan dengan Threadripper generasi pertama yang kebutuhan dayanya hanya 180 watt. Oleh karena itu diperlukanlah motherboard baru dengan dukungan chipset X399 serta jenis socket TR4 yang sama.

Menurut rencana, prosessor terbaru dari AMD ini akan segera hadir pada kuarter ketiga tahun 2018, maka bagi Anda para penggila hardware yang canggih, bersiaplah untuk segera mengganti prosessor Anda dengan yang terbaru.*