Perbedaaan WhatsApp Business dan Messenger

Jum'at, 10 Mei 2019 19:28 Dede Hadiyana TechNews

Perbedaaan WhatsApp Business dan Messenger


Koropak.co.id - Pada 2017 lalu, WhatsApp resmi merilis aplikasi WhatsApp Business setelah diperkenalkan dalam format beta. Indonesia sendiri menjadi negara Asia pertama yang sudah dapat menggunakan WhatsApp Business di platform Android bersama 4 negara lainnya yakni Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat.

Platform yang berdiri sendiri (Standalone) ini mengincar para pebisnis mulai dari Usaha Kecil Makro (UKM) hingga perusahaan besar. Aplikasi ini memungkinkan pebisnis lebih komunikatif dengan para konsumennya seperti konsep yang diusung oleh aplikasi Line@. Namun, apa yang menjadi perbedaan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger yang biasa digunakan dan berikut rangkumannya.

1. Logo
Tidak seperti WhatsApp Messenger, untuk WhatsApp Business sendiri memiliki logo dengan menggunakan huruf kapital "B" bersama latar warna hijau ciri khas WhatsApp. Tentunya logo tersebut sangat berbeda dengan WhatsApp Messenger yang lebih dikenal dengan logo bergambar telepon.

2. Dapat gunakan dua nomor
Salah satu kelebihan dari WhatsApp Business ini dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor walaupun sah-sah saja jika si pengguna menggunakan nomor seluler. Akan tetapi disarankan untuk menentukan satu nomor ponsel yang permanen dan tidak diganti-ganti. Penggunaan kedua aplikasi ini bisa dilakukan dalam satu perangkat yang sama namun harus menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi.

 

Koropak.co.id - Kelebihan dan Perbedaaan WhatsApp Business dan Messenger (2)

 

Baca : Whatsapp Android Akan Tambah Fitur Baru

3. Balas pesan secara otomatis
Fitur ini dapat memberikan kemudahan untuk pebisnis apabila mendapati pertanyaan yang sama dari konsumen namun pengguna harus menyetel balasan otomatis ini terlebih dahulu. Pengaturan ini juga dapat digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Fitur yang satu ini tentunya tidak akan ditemukan di WhatsApp Messenger yang tujuannya personal.

4. Dapat melihat statistik pesan
Para pebisnis pastinya membutuhkan data pesan terkirim dan pesan diterima sebagai laporan dan informasi. Dengan adanya fitur tersebut di WhatsApp Business, pebisnis dapat melihat statistik pesan terkirim dan pesan yang diterima seperti yang dibutuhkan dalam dunia berbisnis. Namun dipastikan, fitur ini tidaqk dapat ditemukan di WhatsApp Messenger karena para penggunanya justru sering menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

 

Baca : Fitur Terbaru Whatsapp Siap Puaskan Pengguna

5. Dapat memilih kategori bisnis
Selain menginformasikan profil perusahaan si pengguna WhatsApp Business seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis juga dapat memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak harus sebuah perusahaan besar, WhatsApp Business juga terbuka untuk UKM serta usaha kecil lainnya. Apabila kategori bisnis tidak tersedia, maka pengguna bisa memilih kategori "Other".

6. Centang hijau
Tidak seperti WhatsApp Messenger yang tidak ada proses verifikasi, WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun pebisnis. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi oleh WhatsApp Business bahwa nomor tersebut adalah benar milik perusahaan, maka akan diberikan centang berwarna hijau yang berada di sebelah nama kontak.

7. Kategori menggunakan Labels
Pada fitur ini merupakan fiur baru sebelumnya adanya versi beta. Dengan adanya "Labels" di kategori pesan masuk, pebisnis tentunya bisa mengkategorikan pesan masuk tersebut agar komunikasi dengan konsumen bisa lebih teroganisir dan juga bisa lebih tertuju tanpa adanya salah kirim pesan.*

 

Baca pula : Jaga Privasi Chat Dengan Fitur Terbaru Whatsapp