Tips Cegah Baterai Ponsel Cepat Kembung

Senin, 10 Juni 2019 21:55 Eris Kuswara TechTrik

Tips Cegah Baterai Ponsel Cepat Kembung


Koropak.co.id - Smartphone telah memberikan banyak kemudahan, khususnya dalam komunikasi di era digitalisasi ini, yang menuntut serba cepat dan instan. Namun, smartphone tidak hanya menawarkan kemudahan, ada resiko yang harus siap dihadapi para pemiliki smartphone, salah satunya baterai kembung.

Salah satu penyebab baterai kembung adalah mengisi baterai ponsel yang berlebihan. Untuk itu, Koropak telah menyiapkan beberapa ulasan agar bisa menghindari baterai ponsel cepat kembung.

1. Hindari overheat
Jika digunakan terus-menerus dan tidak diberikan waktu istirahat, smartphone akan overheat. Selain aplikasi penyebab wakelock, penggunaan kamera secara terus-menerus pun memicu terjadinya overheat. Hal ini pula yang menyebabkan baterai cepat panas yang akhirnya merangsangnya untuk cepat kembung.

 

Koropak.co.id - Tips Cegah Baterai Ponsel Cepat Kembung (2)

 

2. Jangan mainkan smartphone saat dicharge
Jika sering menggunakan smartphone saat dicharge, akan berisiko membuat baterai smartphone bocor dan kembung karena prosesor dalam smartphone dipaksa untuk terus bekerja yang tentunya akan lebih menguras kapasitas baterai.

 

3. Jangan biarkan baterai kosong
Sesekali kamu memang harus membiarkan baterai smartphone kosong untuk melakukan kalibrasi. Tapi ingat, proses kalibrasi baterai smartphone hanya dilakukan satu hingga dua kali saja dalam siklus bulanan, bahkan tahunan. Jika terlalu sering membiarkan baterai smartphone kosong, akan berakibat pada lamanya proses pengisian baterai, sehingga memicu panas berlebih yang mengakibatkan baterai smartphone bocor.

 

Koropak.co.id - Tips Cegah Baterai Ponsel Cepat Kembung (3)

 

Baca : Cara Isi Ulang Daya Baterai Dengan Benar

 

4. Gunakan charger asli
Penggunaan adapter charger yang tidak sesuai akan memicu aliran listrik berlebih sehingga membuat konektor charger kaget. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan menggunakan charger ponsel yang original agar tenaga yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan dari power ponsel tersebut.

 

5. Hindari tempat yang menghasilkan panas
Agar baterai tidak kembung lalu bocor, sebisa mungkin hindari menyimpan smartphone di tempat penghasil panas seperti kulkas, CPU dan dashboard mobil karena panas dari beberapa tempat tersebut, sangat rentan memberikan radiasi ke smartphone.*

 

Baca : Awas, Jangan Gunakan HP Saat Charging