Inilah Cara Menghindari Virus Iklan di Smartphone Android

Jum'at, 13 September 2019 07:29 Bella Pramudita TechTrik

Inilah Cara Menghindari Virus Iklan di Smartphone Android


Koropak.co.id - Smartphone Android memberikan kelengkapan fitur yang membuat pengguna puas. Dukungan aplikasi dan game keren, serta fitur-fitur yang menunjang mobilitas, menjadikan smartphone Android raja ponsel saat ini.

Namun, munculnya iklan seringkali membuat kesal. Apalagi jika iklan tersebut muncul berkali-kali dan mengganggu kegiatan yang sedang kita lakukan. Misalnya ketika sedang asyik-asyiknya bermain game atau membaca tiba-tiba muncul dan menutupi game atau artikel yang kita baca, sehingga kita terpaksa berhenti bermain untuk menutup iklan yang muncul tersebut.

Banyaknya iklan yang muncul performa smartphone yang semakin melambat, dan baterai yang boros, bisa jadi anda telah terserang malware. Berikut Koropak telah merangkum, beberapa cara untuk menghilangkan virus iklan tersebut.

1. Install Aplikasi antivirus
Hal ini sebaiknya sedari awal anda memasang antivirus pada smarphone untuk menjaga keamananya. Selain untuk menangkal virus berbahaya antivirus juga bisa bermanfaat untuk menghindarkan smartphone anda agar tehindar dari masuknya malware.

 

2. Kuota data internet yang membengkak
Demikian hal ini karena adware umumnya selalu melakukan sinkronisasi data ke server pemilik adware secara realtime selama ada sambungan internet dan itupun tanpa diketahui oleh pemilik smartphone yang terjangkau.

 

Koropak.co.id - Inilah Cara Menghindari Virus Iklan di Smartphone Android

 

Baca : Tips Merawat Smartphone Ala Agung Cellular Tasikmalaya

 

3. Lakukan Scanning
Scanning berguna untuk mendeteksi virus yang mungkin menempel pada smartphone android setelah kamu melakukan penginstalan Antivirus tersebut. Dengan melakukan scanning, kamu akan mengetahui kondisi dari smartphone kamu.

 

4. Gunakan aplikasi firewall
Cara menghilangkan virus iklan yang muncul tiba-tiba di Android dengan menggunakan aplikasi firewall. Firewall dikenal sebagai pendeteksi traffic atau lalu lintas internet di ponsel, firewall juga dapat memblokir iklan atau jaringan di aplikasi dan game di Android.

 

5. Lakukan Factory Reset
Factory reset adalah cara akhir jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan tips mudah mendeteksi dan membersihkan virus selanjutnya lakukan factory reset. Sebaiknya kamu berhati-hati karena malakukan factory reset akan membuat semua data yang Anda miliki terhapus.*

 

Baca pula : Tips Cegah Baterai Ponsel Cepat Kembung